Sabtu, 21 Maret 2009

Musim-musim di Jepang


Jepang adalah salah satu negara yang mempunyai empat musim.
Jangka waktu antara 4 musim tersebut, kurang lebih 3 bulan.
4 musim itu adalah, Musim Semi (Spring, 春, haru) Musim Panas (Summer, 夏, natsu) Musim Gugur (Autumn, 秋, aki) Musim Dingin (Winter, 冬, fuyu).


Musim Semi dimulai sekitar bulan Maret, dan orang Jepang menyambutnya dengan gembira, karena hari-hari dingin dan tidak bersahabat telah berakhir. Musim Semi ditandai dengan munculnya kuncup-kuncup bunga pohon plum (梅, ume). Dan setelah bunga pohon plum berakhir, muncul kuncup-kuncup bunga paling terkenal di Jepang, bunga Sakura (桜).



Musim Panas diawali dengan musim hujan sekitar seminggu, yang disebut Tsuyu (梅雨). Musim Panas di Jepang bisa mencapai suhu maximum 35oC, dengan kelembapan lebih dari 90%. So, gag perlu olahraga angkat besi, dengan duduk diam saja, sudah sukses membuat kita mengeluarkan keringat. Musim Panas dimulai sekitar bulan Juni ditandai dengan pohon-pohon hijau dan nyanyian ribut serangga yang bernama ‘Semi’. Sekolah di Jepang memberi libur Musim Panas sekitar sebulan. Salah satu aktivitas yang disukai kaum muda Jepang di Musim Panas adalah bermain ke pantai dan ke laut. Meski di tiap musim juga diadakan festival, Musim Panas adalah musim dengan jumlah festival terbanyak dan tersemarak.


Musim Gugur, ditandai dengan mulai rontoknya dedaunan di pohon-pohon, dan berakhirnya hari panas dan lembab. Berawal sekitar bulan September. Musim ini terkenal dengan daun yang berubah warna jadi kuning, merah, oranye, dan disebut Momiji (紅葉). Para binatang liar seperti beruang, mengumpulkan persediaan makanan untuk ditimbun selama mereka tidur jangka lama di Musim Dingin.




Musim Dingin, ditandai dengan turunnya butir-butir salju pertama di awal Desember. Di jaman dulu, Musim Dingin ini adalah musim yang paling berat, dan mungkin paling banyak menelan korban jiwa karena ganasnya cobaan alam dengan hawa dingin dan badai salju. Di beberapa daerah seperti Hokkaido di utara, suhu udara bisa mencapai -20oC. Rata-rata aktivitas orang-orang Jepang di musim dingin ini, adalah bermain ski, snowboard, dan es skating. Serta Onsen / hot spring (Pemandian air panas).

Artikel Terkait



25 komentar:

J O N K mengatakan...

mamihhhhh !!!, sayah pingin ke Jepang, sambil dengerin lagunya AKeboshi :D

i love japanese ...

Randi mengatakan...

boleh minta yang lebih lengkap ga?
kalo bleh tolong kirim ke e-mail q ea. ndhie.shane@gmail.com

Anonim mengatakan...

uih..keren.. kalo kakak plg suka musim apa?hmm, jd pingin ke festival musim panas.pasti seru bgt.ya, kan?

cherry mengatakan...

kloaa akuu paliingg mauu ke jepangg waktu springg,,, sambil hanami di bawahh pohonn sakuraahh
iihh
passtii kawaaii...
^^

bella mengatakan...

gila ni blog ngebantu gw bgt

Anonim mengatakan...

NIHONG E IKITAI DESU,SUGOI DESU NE

Anonim mengatakan...

saya copy ya tulisannya, terima kasih.. ferri

caliza octavia mengatakan...

kebiasan warga jepang klo lg musim itu aph?

lisa mengatakan...

pngen ke jepang.. pas musim gugur :)

Aya mengatakan...

jd tambah pengen ke jepang....
coba di indonesia da kyk gt,seneng dah.
X3

EndangAstiana mengatakan...

wauwww... Jepang.... I like it.. I like it...

reno cogan mengatakan...

cara bikin ky gitu gimana sih kk

♥ nadita is nacchi ♥ mengatakan...

@reno : bikin apa? O.o

KIRA mengatakan...

:))

ShiElz mengatakan...

Huhuhu makasih yy ngebatu bgt,.,

Anonim mengatakan...

Aku bermimpi mengunjungi Jepang pada saat musim semi dan menyaksikan bunga sakura bermekaran...wah...

Anonim mengatakan...

keren dan pengen ke Jepang secepatnya,,,,
:-)

Anonim mengatakan...

pengen kesana

Anonim mengatakan...

sy br merasakan 2 musim, gugur n dingin, skr mau merasakan musim semi

Anonim mengatakan...

Tapi kan dijepang ada bahayanya juga. lalu ekonominya juga lagi down :( tapi i still love it :x

Neru Harasuka mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Neru Harasuka mengatakan...

Huaa... aku lg buat fanfic anime, butuh banget info mengenai musim di Jepang... ngebantu... boleh copast? visit my blog ne ^^
http://adelaideon.blogspot.com/ :D :)

diana agustin mengatakan...

aiiih,, pengen kesana :'(

Oyond Senpai mengatakan...

makasih

jaka sumiro mengatakan...

i love cewek jepun

Poskan Komentar

tengz vo give me a coment ☺